Apa Itu Bitcoin dan Apakah Ini Investasi yang Baik Dilakukan?

Apa Itu Bitcoin dan Apakah Ini Investasi yang Baik Dilakukan?

Garudatechno.id – Bitcoin (BTC) adalah jenis mata uang digital baru-dengan kunci kriptografis-yang terdesentralisasi ke jaringan komputer yang digunakan oleh pengguna dan penambang di seluruh dunia dan tidak dikendalikan oleh satu organisasi atau pemerintah.

Ini adalah cryptocurrency digital pertama yang telah mendapatkan perhatian publik dan diterima oleh semakin banyak pedagang.

Seperti mata uang lainnya, pengguna dapat menggunakan mata uang digital untuk membeli barang dan jasa secara online serta di beberapa toko fisik yang menerimanya sebagai bentuk pembayaran. Pedagang mata uang juga dapat memperdagangkan Bitcoin di bursa Bitcoin.

Ada beberapa perbedaan utama antara Bitcoin dan mata uang tradisional (misalnya dolar AS):

  • Bitcoin tidak memiliki otoritas terpusat atau lembaga kliring (misalnya jaringan pemerintah, bank sentral, MasterCard atau Visa). Jaringan pembayaran peer-to-peer dikelola oleh pengguna dan penambang di seluruh dunia. Mata uang secara anonim ditransfer langsung antara pengguna melalui internet tanpa melalui lembaga kliring. Ini berarti bahwa biaya transaksi jauh lebih rendah.
  • Bitcoin dibuat melalui proses yang disebut “penambangan Bitcoin”. Penambang di seluruh dunia menggunakan perangkat lunak penambangan dan komputer untuk memecahkan algoritme bitcoin yang kompleks dan untuk menyetujui transaksi Bitcoin. Mereka diberikan biaya transaksi dan Bitcoin baru yang dihasilkan dari penyelesaian algoritma Bitcoin.
  • Jumlah Bitcoin yang beredar terbatas. Menurut Blockchain, ada sekitar 12,1 juta yang beredar pada 20 Desember 2013. Kesulitan untuk menambang Bitcoin (memecahkan algoritma) menjadi lebih sulit karena lebih banyak Bitcoin yang dihasilkan, dan jumlah maksimum yang beredar dibatasi pada 21 juta. Batasnya tidak akan tercapai sampai kira-kira tahun 2140. Hal ini membuat Bitcoin lebih berharga karena semakin banyak orang yang menggunakannya.
  • Buku besar publik yang disebut ‘Blockchain’ mencatat semua transaksi Bitcoin dan menunjukkan kepemilikan masing-masing pemilik Bitcoin. Siapapun dapat mengakses buku besar publik untuk memverifikasi transaksi. Ini membuat mata uang digital lebih transparan dan dapat diprediksi. Lebih penting lagi, transparansi mencegah penipuan dan pengeluaran ganda dari Bitcoin yang sama.
  • Mata uang digital dapat diperoleh melalui penambangan Bitcoin atau pertukaran Bitcoin.
  • Mata uang digital diterima oleh sejumlah pedagang di web dan di beberapa pengecer fisik.
  • Dompet Bitcoin (mirip dengan akun PayPal) digunakan untuk menyimpan Bitcoin, kunci pribadi, dan alamat publik serta untuk mentransfer Bitcoin secara anonim antar pengguna.
  • Bitcoin tidak diasuransikan dan tidak dilindungi oleh lembaga pemerintah. Oleh karena itu, mereka tidak dapat dipulihkan jika kunci rahasia dicuri oleh peretas atau hilang karena hard drive yang rusak, atau karena penutupan pertukaran Bitcoin. Jika kunci rahasia hilang, Bitcoin terkait tidak dapat dipulihkan dan tidak akan beredar. Kunjungi tautan ini untuk FAQ tentang Bitcoin.
  • Saya percaya bahwa Bitcoin akan mendapatkan lebih banyak penerimaan dari publik karena pengguna dapat tetap anonim saat membeli barang dan jasa secara online, biaya transaksi jauh lebih rendah daripada jaringan pembayaran kartu kredit; buku besar dapat diakses oleh siapa saja, yang dapat digunakan untuk mencegah penipuan; pasokan mata uang dibatasi pada 21 juta, dan jaringan pembayaran dioperasikan oleh pengguna dan penambang alih-alih otoritas pusat.

Namun, saya tidak berpikir bahwa ini adalah sarana investasi yang bagus karena sangat fluktuatif dan tidak terlalu stabil.

Misalnya, harga bitcoin tumbuh dari sekitar $14 ke puncak $1,200 USD tahun ini sebelum turun menjadi $632 per BTC pada saat penulisan.

Bitcoin melonjak tahun ini karena investor berspekulasi bahwa mata uang itu akan mendapatkan penerimaan yang lebih luas dan harganya akan naik.

Mata uang tersebut anjlok 50% pada bulan Desember karena BTC China (operator Bitcoin terbesar di China) mengumumkan bahwa mereka tidak dapat lagi menerima setoran baru karena peraturan pemerintah.

Dan menurut Bloomberg, bank sentral China melarang lembaga keuangan dan perusahaan pembayaran menangani transaksi bitcoin.

Bitcoin kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak penerimaan publik dari waktu ke waktu, tetapi harganya sangat fluktuatif dan sangat sensitif terhadap berita-seperti peraturan dan pembatasan pemerintah-yang dapat berdampak negatif pada mata uang.

Oleh karena itu, saya tidak menyarankan investor untuk berinvestasi dalam Bitcoin kecuali jika dibeli dengan harga kurang dari $10 USD per BTC karena ini akan memungkinkan margin keamanan yang jauh lebih besar.

Jika tidak, saya percaya bahwa jauh lebih baik untuk berinvestasi pada saham yang memiliki fundamental kuat, serta prospek bisnis dan tim manajemen yang hebat karena perusahaan yang mendasarinya memiliki nilai intrinsik dan lebih dapat diprediksi.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *